Wellcome to Teknik Instrumentasi

Posted by Dani Setiyawan On Rabu, 20 Januari 2010 0 komentar

Teknik instrumentasi merupakan cabang ilmu fisika. Pertama kali dibuka pendidikan tentang instrumentasi di Fisika ITS yang berada dibawah Fakultas Teknik ITS. Pertama kali dibuka dengan program D3 Instumentasi pada tahun 1995, hal ini untuk menjawab tingginya permintaan pasar terhadap tenaga ahli madya di bidang instrumentasi, dimana calon mahasiswa Program Studi D3 Teknik Instrumentasi berasal dari beberapa SMU dan SMK yang mayoritas di Jawa timur yang proses penerimaannya dilaksanakan secara terpadu dengan program Studi D3 lainnya di ITS. Sedangkan lulusan pertama Program Studi D3 Teknik Instrumentasi FTI - ITS terjadi pada semester genap 1997 / 1998. Sekitar 30% aktivitas di Program Studi D3 Teknik Instrumentasi merupakan pendidikan untuk meningkatkan keahlian lulusan melalui praktikum di Laboratorium dan Kerja Praktek.

Pengadaan pendidikan mengenai teknik instrumentasi ini sangatlah penting karena Indonesia adalah importir peralatan atau instrumentasi sehingga tenaga teknisi instrumentasi terutama yang berpendidikan ST dan STM sangat banyak dibutuhkan, kata Prof Dr Parangtopo, Guru besar Fisika Universitas Indonesia (UI) yang aktif dalam banyak Proyek Pengembangan Universitas sejak 1973 hingga sekarang. Kekeliruan konsep pendidikan di sini, menurutnya, adalah dengan ditutupnya semua ST diganti SMP pada awal 80- an.

Disamping itu adanya tuntutan dari dunia industri akan tenaga-tenaga yang berkompeten di bidang instrumentasi. Banyak industri-industri sekarang yang operasionalnya tidak bisa lepas dari alat-alat instrumentasi dalam proses produksinya.



Industri Produk Sistem Instrumentasi dan Integrator Sistem
Industri ini dimotori oleh perusahaan-perusahaan yang memproduksi sistem instrumentasi dan kontrol (vendor) maupun perusahaan yang bersifat melakukan perancangan sistem kendali pabrik terintegrasi. Adanya produksi instrumentasi dengan berbagai jenis merek, memungkinkan suatu pabrik menggunakan sistem instrumentasi dan kontrol dengan merek yang berbeda-beda dimulai dari lapangan sampai ke tingkat manajemen parbik. Dibutuhkan suatu usaha untuk mensinkronkan kerja dari alat-alat tersebut supaya berfungsi dengan baik dan optimal. Suatu perusahaan bisa murni melakukan pekerjaan integrasi sistem ataupun melakukan pekerjaan integrasi sistem sekaligus menjual produk instrumentasi. Berikut adalah beberapa nama perusahaan nasional maupun multinasional yang bergerak sebagai supplier dan service provider perangkat instrumentasi dan kontrol, dan banyak memiliki insinyur instrumentasi didalamnya: PT Yokogawa Indonesia, PT Widya Pandu Ekatama, PT Control System Indonesia, PT Transavia Otomasi Pratama, PT Wifgasindo Dinamika Instrument Engineering, PT Somit Karsa Trinergi, dll. Untuk melihat contoh perangkat instrumentasi dan kontrol, website vendor induknya dapat dilihat, seperti : emersonprocess.com, yokogawa.com, etc.

Semoga artikel Wellcome to Teknik Instrumentasi bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar